Friday, October 23, 2015

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi



Ini adalah materi yang aku dapatkan dari salah satu dosen Pengantar Informatika pada Semester 1

Sejarah  Teknologi Informasi  dan Komunikasi
Sejarah Telekomunikasi  
  Ada  beberapa  tonggak  perkembangan  teknologi  yang  secara  nyata  memberi  sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham  Bell  pada  tahun  1875.  Temuan  ini  kemudian  berkembang  menjadi  pengadaan jaringan  komunikasi  dengan  kabel  yang  meliputi  seluruh  daratan  Amerika,  bahkan kemudian  diikuti  pemasangan  kabel  komunikasi  trans-atlantik. 
Jaringan  telepon  ini merupakan  infrastruktur  masif  pertama  yang  dibangun  manusia  untuk  komunikasi  global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran  radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera  berkembang  pesat.  Kemudian  diikuti  pula  oleh  transmisi  audio-visual  tanpa  kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.   
 
 
Sejarah Komputer 
  Ide  tentang  komputer  diambil  dari  alat  penghitung  otomatis,  yakni  ABACUS  yang  telah dipakai  manusia  sejak  3000  sebelum  masehi.  Pencarian  Alat  hitung  otomatis  ini  telah dimulai dari tahun 1880 ketika dibutuhkan penghitung otomatis untuk sensus penduduk di Amerika.  Sensus  penduduk  tahun  1880  memerlukan  waktu  7.5  tahun  untuk menyelesaikannya.  Dengan  Hollerith  desk  dan  Punch  Card-nya  Jacquard  sensus  bisa diselesaikan dalam waktu 3 tahun. 
 
Cover Majalah di Amerika  
Mengisahkan Proses Pengolahan Data Sensus 
  Hollerith Desk dibuat dengan teknologi mekanik, yakni perputaran gear dan Relay. Hollerith kemudian  mendirikan  perusahaan  IBM,  yakni  perusahaan  bidang  Komputer  yang  sangat terkenal  hingga  saat  ini.  Kartu  Puch  Card,  kemudian  bisa  dikembangkan  menjadi Read/Write.  Bisa  dilubangi  lagi  di  baris  lain  untuk  menuliskan  fakta  baru.  Yang  sangat menarik,  mulai  masa  tersebut  punch  card  dipakai  dibanyak  aspek  kehidupan  di  Amerika, mulai dari kartu perpustakaan, tagihan restoran dan  kartu tol.  
Generasi  Komputer  dimulai  dengan  ditemukannya  teknologi  tabung  hampa  sebagai pengganti dari Gear dan Relay. Komputer  yang dibuat dengan teknologi ini adalah ENIAC. DIbuat di universitas Pensylvania  dengan biaya dari Departemen Perang AS pada saat itu. Menempati ruangan sebesar 20 x 40 kaki, berat ENIAC adalah 30 ton, menggunakan 18.000 tabung  hampa.  Jika  beroperasi  menghasilkan  panas  sebesar  174,000  watt,  sehingga membutuhkan AC yang sangat besar. Keunggulan ENIAC dapat diprogram ulang, sehingga komputer ini general purpose. 

  Salah satu sudut Ruangan dimana ENIAC di simpan 
 
Dua Orang Perempuan Sedang Memprogram Ulang ENIAC 
 Berikutnya teknologi  komputer  berkembang  di picu  oleh  kebutuhan  untuk  perang  dunia  I dan II. Berdasarkan teknologinya perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi dapat diliaht pada tabel dibawah ini).  
Generasi  ke  6  diramal  adalah  generasi  komputer  cerdas  yang  dikhawatirkan  bisa mengalahkan  kecerdasan  peradaban  manusia.  Namun  hingga  saat  ini  belum  ada  yang  mengklaim generasi 6 telah mulai.  
 Sejarah  lengkap  tentang  komputer  ini  dari  berbagai  sudut  pandang  dapat  dilihat  di 
http://www.computerhistory.org
 

  Gambar dibawah ini  menunjukkan perkembangan komputer meja (personal Computer) 
yang sekarang bukan di meja lagi melainkan sudah dalam genggaman manusia. 
 
Bandingkan  kedua  laptop  APPLE  berikut  ini.  Yang  sebelah  kiri  dibuat  tahun  1976  dan  yang sebelah kanan dibuat tahun 2009. Perubahan yang dicapai selama waktu 33 tahun.  
Riset  ke  depan  adalah  perkembangan  di  ranah  volume  dan  size  serta  teknologi  nteraksi manusia mesin . Berikut ini adalah gambaran komputer ke depan 
i.  Komputer sebesar Ballpoint dengan keyboard dan layar Hologram 
 
 



ii.  Touch Screen 
 
iii.  Menggunakan Komputer dengan headset   
Headset ini merupakan alat input yang bisa menangkap sinyal electric otak , gerakan retina mata, dan  mengenali suara. 
 



iv.  Talk Computer    
 
Komputer yang bisa menangkap perintah suara dan gambar. Serta memberikan respon kepada manusia  berupa suara dan tentu saja tampilan layar. Ini adalah realisasi dari homerobot atau robosapiens Tabel di bawah ini menggambarkan perkembangan kecepatan microprocessor dari tahun 1969 an hingga 2000 untuk produk Intel. Terlihat bahwa perkembangannya sangat pesat.   
Saat  ini  telah  berkembang  teknologi  multicore  dimana  di  dalam  satu  chip  processor  bisa terdapat  dua  processor  yang  mekanisme  kerjasamanya  melalui  sebuah  cache  memori  (sering disebut dengan  L1, L2) 
Daftar keluarga processor multicore dapat dilihat dibawah ini. 
1.  Pentium Dual Core 
2.  Pentium D 
3.  Pentium Core 2 Dus 
4.  Extreme 
5.  Intel iX 
Sejarah Kolaborasi Komputer dan Telekomunikasi 
  Perangkat  telekomunikasi  berkembang  pesat  saat  teknologi  digital  mulai  digunakan menggantikan teknologi  analog.  Teknologi  analog mulai  terasa menampakkan batas-batas maksimal  pengeksplorasiannya.  Digitalisasi  perangkat  telekomunikasi  kemudian berkonvergensi  dengan  perangkat  komputer  yang  sejak  awal  merupakan  perangkat  yang mengadopsi  teknologi  digital.  Produk  hasil  konvergensi  inilah  yang  saat  ini  muncul  dalam  bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content)  berupa  multimedia  mendapatkan  tempat  yang  tepat  untuk  berkembang. Konvergensi  telekomunikasi  -  komputasi  multimedia  inilah  yang  menjadi  ciri  abad  ke-21, sebagaimana  abad  ke-18  dicirikan  oleh  revolusi  industri.  Bila  revolusi  industri  menjadikan mesin-mesin pengganti manusia, revolusi (karena  telekomunikasi  -  komputasi  multimedia  terjadi  melalui  implementasi  teknologi  digital)  menciptakan  mesin-mesin  yang  mengganti  (atau  setidaknya  meningkatkan  kemampuan) ‘otak’ manusia. 
Konvergensi TIK dimaknai sebagai bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan  penyiaran,  sehingga  penyelenggaraan  jasa  telekomunikasi  merupakan  kegiatan penyediaan  layanan  jasa  yang  memungkinkan  terselenggaranya  telekomunikasi  melalui  media apa saja, termasuk TV, siaran, radio, dan  multimedia. Dampak  dari  konvergensi  ini  akan  mengena  pada  konten,  layanan,  content,  dan  terminal akses bagi user. 

 
Sejarah/ Fase Konvergensi TIK 
Fase 0   Telepon  Fixed  (PSTN)  dan  Telepon  Mobile(PLMN)  adalah jaringan dan layanan yang terpisah 
Fase 1  Muncul  Layanan  Internet,  yang  dikelola  sebagai  perluasan layanan  PSTN.  User  berkomunikasi  melalui  3  channel  yakni telepon kabel, internet, dan telephone mobile 
Fase 2  Tripleplay  Integrasi  Layanan  PSTN,Internet,Telepon  mobile  di  Fixed  phone. Ini merupakan awal dari konvergensi 
Fase 3  Quadruple Play  Integrasi  layanan  PSTN,  Internet,  Telepon  Mobile,  dan  TV  (broadcasting) di fixed phone. Operator mulai menawarkan TV Kabel/TV satelit berbarengan dengan akses internet 
Fase 4  Beyond quadruple play, terjadi konvergensi 2 arah Vertical  Convergence:  dijualnya  content  layanan  diluar  apa yang telah dijual pada telephony (fixed and mobile), internet dan  TV  oleh  operator  telekomunikasi,  contoh:  ringtones, music,  NSP,  event  tickets,  sehingga  menempatkannya sebagai pesaing industry media dan hiburan. Horizontal  Convergence:  dijualnya  semua  layanan  oleh operator  telekomunikasi  melalui  kanal  mobile:  music downloads,  mobile  email,  mobile  TV,  mobile  news  alerts, mobile mapping services (e.g. Google Maps padaBlackberry) 




Teknologi telekomunikasi yang mendorong terjadinya konvergensi tersebut  dapat dilihat pada gambar dibawah ini 
 
Jika  dicermati  pemicu  dari    konvergensi  TIK  adalah  teknologi  seluler.    Pada  saat  ini  yang berkembang  ada  dua  kubu  teknologi,  yakni  CDMA  dan  GSM.  Semua  operator  pada  kedua teknologi ini telah menawarkan akses ke internet selain untuk suara dan sms. Perkembangan TIK ini sedikit banyak mengubah gaya hidup masyarakat. Kondisi masyarakat saat ini  
    Ketergantungan akan telepon bergerak mulai tinggi.  
    Koneksi Online mulai populer 
    Mix content  on-line dan off-line. Sebagian besar content adalah  off-line dalam bentuk CDROM (VCD/DVD, majalah dan buku)  
    Contact Lists ada pada aplikasi dan perangkat 
    Broadband access diperkenalkan dan digunakan.  
    E-commerce dan e-transaction belum populer  
TIK diprediksi akan mengubah perilaku masyarakat di Masa datang menjadi  
    Setiap orang dan segala sesuatu terhubung dimana saja dan kapan saja (Komunitas dinamis tanpa batas) 
    Tempat utama mencari content adalah on-line 
    Koneksi dengan pita lebar sudah umum baik fixed maupun bergerak. 
    E-commerce dan e-transaction menjadi hal yang utama 
Teori Pasang Surut Peradaban Manusia 
 
 
Fakta-fakta  
1.  Temuan The Great Noah Ark 
Di sebelah selatan Turki, di kaki Mount Arafat pada tahun 1988 setelah gempa bumi di derah  tersebut    telah  ditemukan  bangkai  armada  yang  dipercaya  sebagai  armadanya Nabi  Nuh.  Armada  tersebut    bentuknya  tidak  seperti  kapal  laut  saat  ini  ,  lebarnya  83 kaki, Panjang 500 kaki, dan tingginya 50 kaki dan diperkirakan mampu membawa kargo sebesar  24.000  Ton.  Peneliti  Rusia  menemukan  500  kesan  batu  baterai.  Hal  ini mengindikasikan bahwa saat itu telah dikenal teknologi listrik. (sumber : 
2.  Perang Nuklir jaman Prasejarah (sumber : http://ada-1.blogspot.com/2007/07/perang- nuklir-zaman-prasejarah.html)
Ada  spekulasi  yang  mengatakan  bahwa  Kisah  Ramayanana  dan  Mahabarata  terkait dengan  bukti  nyata  kejadian  sejarah.  Tergambar  dalam  dua  kisah  tersebut  ketinggian peradaban RAMA dengan Rishi beserta perang dipakainya. Adalah yang gagah mengendarai ( piring terbang)  terbang  tinggi  dan  mendarat  di  tengah  air  lalu  melepaskan  Gandewa (diperkirakan  seperti  rudal)    maka  timbulah  api,  getaran,  asap  tebal  membubung  ke angkasa serta kerusakan hebat dikalangangan musuh. Di daerah Pakistan dan India ditemukan batu yang hangus yang telah di kacalisasi serta pecahan  peralatan  rumah  tangga.  Batu  tersebut  setelah  disusun  adalah  merupakan pecahan  dari  sebuah  batu  besar.  Diperkirakan  dibutuhkan  suhu  sekitar  1800  celisius menghanguskan  batu  seperti  itu,  dan  itu  hanya dapat  dilakukan  dengan  teknologi Nuklir. Pada tahun 1972 telah ditemukan reactor nuklir kuno di kota Oklo Republik Gabon yang umurnya  2  milyar  tahun.  Kapasitasnya  500  kg  uranium  dan  dapat  menghasilkan  1000 watt.  Reaktor  tersebut  tidak  menyebarkan  limbah  radioaktif  diluar  radius  40  m.  Ini menunjukkan  manusia  jaman  pra  sejarah  telah  menguasai  teknologi  atom  dan pengelolaan  limbah  nuklir  dengan  baik.    Sebuah  teknologi  yang  saat  ini  sedang  dicari oleh para ilmuwan. 
3.  Teleportation di Era Sulaiman 
Tahun 1000 SM , singgasana ratu Bilqis telah dipindahkan dalam waktu sekejap mata oleh salah seorang teknokrat Sulaeman. 
 
Ironisnya,  mengapa  semua  teknologi  maju    itu  tidak  diwariskan  ke  kita  umat  manusia  yang hidup dewasa ini, malah hilang sama sekali.  Sehingga  manusia dewasa ini harus kembali lagi mengulang ke masa primitive hingga perkembangan teknologi saat ini. Apa yang menyebabkan kepunahan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  tersebut?  Perang  yang  menghancurkan  atau bencana  alam?  Akankah  peradaban  yang  saat  ini  kita  bangun  akan  mengalami  nasib  serupa? Jadi kemanakah kita berjalan saat ini?  Menuju Kemajuan dan Kecanggihan atau menuju pada kehancuran? 


1 comment: