Ini adalah materi yang aku dapatkan dari salah satu dosen Pengantar Informatika pada Semester 1
Sejarah Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Sejarah Telekomunikasi
Ada
beberapa tonggak perkembangan
teknologi yang secara
nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga
saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell
pada tahun 1875.
Temuan ini kemudian
berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi
dengan kabel yang
meliputi seluruh daratan
Amerika, bahkan kemudian diikuti
pemasangan kabel komunikasi
trans-atlantik.
Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.
Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.
Sejarah Komputer
Ide
tentang komputer diambil
dari alat penghitung
otomatis, yakni ABACUS
yang telah dipakai manusia
sejak 3000 sebelum
masehi. Pencarian Alat
hitung otomatis ini
telah dimulai dari tahun 1880 ketika dibutuhkan penghitung otomatis
untuk sensus penduduk di Amerika.
Sensus penduduk tahun
1880 memerlukan waktu
7.5 tahun untuk menyelesaikannya. Dengan
Hollerith desk dan
Punch Card-nya Jacquard
sensus bisa diselesaikan dalam
waktu 3 tahun.
Cover
Majalah di Amerika
Mengisahkan
Proses Pengolahan Data Sensus
Hollerith Desk dibuat dengan teknologi
mekanik, yakni perputaran gear dan Relay. Hollerith kemudian mendirikan
perusahaan IBM, yakni
perusahaan bidang Komputer
yang sangat terkenal hingga
saat ini. Kartu
Puch Card, kemudian
bisa dikembangkan menjadi Read/Write. Bisa
dilubangi lagi di
baris lain untuk
menuliskan fakta baru.
Yang sangat menarik, mulai
masa tersebut punch
card dipakai dibanyak
aspek kehidupan di
Amerika, mulai dari kartu perpustakaan, tagihan restoran dan kartu tol.
Generasi Komputer
dimulai dengan ditemukannya
teknologi tabung hampa
sebagai pengganti dari Gear dan Relay. Komputer yang dibuat dengan teknologi ini adalah
ENIAC. DIbuat di universitas Pensylvania
dengan biaya dari Departemen Perang AS pada saat itu. Menempati ruangan
sebesar 20 x 40 kaki, berat ENIAC adalah 30 ton, menggunakan 18.000 tabung hampa.
Jika beroperasi menghasilkan
panas sebesar 174,000
watt, sehingga membutuhkan AC
yang sangat besar. Keunggulan ENIAC dapat diprogram ulang, sehingga komputer
ini general purpose.
Salah satu sudut Ruangan dimana ENIAC di
simpan
Dua
Orang Perempuan Sedang Memprogram Ulang ENIAC
Berikutnya teknologi komputer
berkembang di picu oleh
kebutuhan untuk perang
dunia I dan II. Berdasarkan
teknologinya perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi dapat diliaht pada
tabel dibawah ini).
Generasi ke
6 diramal adalah
generasi komputer cerdas
yang dikhawatirkan bisa mengalahkan kecerdasan
peradaban manusia. Namun
hingga saat ini
belum ada yang
mengklaim generasi 6 telah mulai.
Sejarah
lengkap tentang komputer
ini dari berbagai
sudut pandang dapat
dilihat di
http://www.computerhistory.org
Gambar dibawah ini menunjukkan perkembangan komputer meja
(personal Computer)
yang
sekarang bukan di meja lagi melainkan sudah dalam genggaman manusia.
Bandingkan kedua
laptop APPLE berikut
ini. Yang sebelah
kiri dibuat tahun
1976 dan yang sebelah kanan dibuat tahun 2009.
Perubahan yang dicapai selama waktu 33 tahun.
Riset ke
depan adalah perkembangan
di ranah volume
dan size serta
teknologi nteraksi manusia mesin
. Berikut ini adalah gambaran komputer ke depan
i.
Komputer sebesar Ballpoint dengan
keyboard dan layar Hologram
ii. Touch Screen
iii. Menggunakan Komputer dengan headset
Headset
ini merupakan alat input yang bisa menangkap sinyal electric otak , gerakan retina
mata, dan mengenali suara.
iv. Talk Computer
Komputer
yang bisa menangkap perintah suara dan gambar. Serta memberikan respon kepada
manusia berupa suara dan tentu saja
tampilan layar. Ini adalah realisasi dari homerobot atau robosapiens Tabel di
bawah ini menggambarkan perkembangan kecepatan microprocessor dari tahun 1969 an
hingga 2000 untuk produk Intel. Terlihat bahwa perkembangannya sangat
pesat.
Saat ini
telah berkembang teknologi
multicore dimana di
dalam satu chip
processor bisa terdapat dua
processor yang mekanisme
kerjasamanya melalui sebuah
cache memori (sering disebut dengan L1, L2)
Daftar
keluarga processor multicore dapat dilihat dibawah ini.
1. Pentium Dual Core
2. Pentium D
3. Pentium Core 2 Dus
4. Extreme
5. Intel iX
Sejarah Kolaborasi Komputer
dan Telekomunikasi
Perangkat
telekomunikasi berkembang pesat
saat teknologi digital
mulai digunakan menggantikan
teknologi analog. Teknologi
analog mulai terasa menampakkan
batas-batas maksimal
pengeksplorasiannya.
Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan
perangkat komputer yang
sejak awal merupakan
perangkat yang mengadopsi teknologi
digital. Produk hasil
konvergensi inilah yang
saat ini muncul
dalam bentuk telepon seluler. Di
atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa
multimedia mendapatkan tempat
yang tepat untuk
berkembang. Konvergensi
telekomunikasi - komputasi
multimedia inilah yang
menjadi ciri abad
ke-21, sebagaimana abad ke-18
dicirikan oleh revolusi
industri. Bila revolusi
industri menjadikan mesin-mesin
pengganti manusia, revolusi (karena
telekomunikasi - komputasi
multimedia terjadi melalui
implementasi teknologi digital)
menciptakan mesin-mesin yang
mengganti (atau setidaknya
meningkatkan kemampuan) ‘otak’
manusia.
Konvergensi
TIK dimaknai sebagai bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran,
sehingga penyelenggaraan jasa
telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan layanan
jasa yang memungkinkan
terselenggaranya
telekomunikasi melalui media apa saja, termasuk TV, siaran, radio,
dan multimedia. Dampak dari
konvergensi ini akan
mengena pada konten,
layanan, content, dan
terminal akses bagi user.
Sejarah/ Fase Konvergensi
TIK
Fase 0 Telepon Fixed
(PSTN) dan Telepon
Mobile(PLMN) adalah jaringan dan
layanan yang terpisah
Fase 1 Muncul Layanan
Internet, yang dikelola
sebagai perluasan layanan PSTN.
User berkomunikasi melalui
3 channel yakni telepon kabel, internet, dan telephone
mobile
Fase 2 Tripleplay Integrasi
Layanan
PSTN,Internet,Telepon mobile di
Fixed phone. Ini merupakan awal
dari konvergensi
Fase 3 Quadruple Play Integrasi
layanan PSTN, Internet,
Telepon Mobile, dan
TV (broadcasting) di fixed phone.
Operator mulai menawarkan TV Kabel/TV satelit berbarengan dengan akses
internet
Fase 4 Beyond quadruple play, terjadi
konvergensi 2 arah Vertical
Convergence: dijualnya content
layanan diluar apa yang telah dijual pada telephony (fixed
and mobile), internet dan TV oleh
operator telekomunikasi, contoh:
ringtones, music, NSP, event
tickets, sehingga menempatkannya sebagai pesaing industry media
dan hiburan. Horizontal
Convergence: dijualnya semua
layanan oleh operator telekomunikasi melalui
kanal mobile: music downloads, mobile
email, mobile TV,
mobile news alerts, mobile mapping services (e.g. Google
Maps padaBlackberry)
Teknologi telekomunikasi yang mendorong terjadinya konvergensi
tersebut dapat dilihat pada gambar
dibawah ini
Jika dicermati
pemicu dari konvergensi
TIK adalah teknologi
seluler. Pada saat
ini yang berkembang ada
dua kubu teknologi,
yakni CDMA dan
GSM. Semua operator
pada kedua teknologi ini telah
menawarkan akses ke internet selain untuk suara dan sms. Perkembangan TIK ini
sedikit banyak mengubah gaya hidup masyarakat. Kondisi masyarakat saat ini
• Ketergantungan akan telepon bergerak mulai
tinggi.
• Koneksi Online mulai populer
• Mix content
on-line dan off-line. Sebagian besar content adalah off-line dalam bentuk CDROM (VCD/DVD, majalah
dan buku)
• Contact Lists ada pada aplikasi dan
perangkat
• E-commerce dan e-transaction belum
populer
TIK
diprediksi akan mengubah perilaku masyarakat di Masa datang menjadi
• Setiap orang dan segala sesuatu terhubung
dimana saja dan kapan saja (Komunitas dinamis tanpa batas)
• Tempat utama mencari content adalah
on-line
• Koneksi dengan pita lebar sudah umum baik
fixed maupun bergerak.
• E-commerce dan e-transaction menjadi hal yang
utama
Teori Pasang Surut Peradaban
Manusia
Fakta-fakta
1. Temuan The Great Noah Ark
Di
sebelah selatan Turki, di kaki Mount Arafat pada tahun 1988 setelah gempa bumi
di derah tersebut telah
ditemukan bangkai armada
yang dipercaya sebagai
armadanya Nabi Nuh. Armada
tersebut bentuknya tidak
seperti kapal laut
saat ini ,
lebarnya 83 kaki, Panjang 500
kaki, dan tingginya 50 kaki dan diperkirakan mampu membawa kargo sebesar 24.000
Ton. Peneliti Rusia
menemukan 500 kesan
batu baterai. Hal
ini mengindikasikan bahwa saat itu telah dikenal teknologi listrik.
(sumber :
2. Perang Nuklir jaman Prasejarah (sumber :
http://ada-1.blogspot.com/2007/07/perang- nuklir-zaman-prasejarah.html)
Ada spekulasi
yang mengatakan bahwa
Kisah Ramayanana dan
Mahabarata terkait dengan bukti
nyata kejadian sejarah.
Tergambar dalam dua
kisah tersebut ketinggian peradaban RAMA dengan Rishi
beserta perang dipakainya. Adalah yang gagah mengendarai ( piring terbang) terbang
tinggi dan mendarat
di tengah air
lalu melepaskan Gandewa (diperkirakan seperti
rudal) maka timbulah
api, getaran, asap
tebal membubung ke angkasa serta kerusakan hebat
dikalangangan musuh. Di daerah Pakistan dan India ditemukan batu yang hangus yang
telah di kacalisasi serta pecahan
peralatan rumah tangga.
Batu tersebut setelah
disusun adalah merupakan pecahan dari
sebuah batu besar.
Diperkirakan dibutuhkan suhu
sekitar 1800 celisius menghanguskan batu seperti itu,
dan itu hanya dapat
dilakukan dengan teknologi Nuklir. Pada tahun 1972 telah
ditemukan reactor nuklir kuno di kota Oklo Republik Gabon yang umurnya 2
milyar tahun. Kapasitasnya
500 kg uranium
dan dapat menghasilkan
1000 watt. Reaktor tersebut
tidak menyebarkan limbah
radioaktif diluar radius
40 m. Ini menunjukkan manusia
jaman pra sejarah
telah menguasai teknologi
atom dan pengelolaan limbah
nuklir dengan baik.
Sebuah teknologi yang
saat ini sedang
dicari oleh para ilmuwan.
3. Teleportation di Era Sulaiman
Tahun
1000 SM , singgasana ratu Bilqis telah dipindahkan dalam waktu sekejap mata oleh
salah seorang teknokrat Sulaeman.
Ironisnya, mengapa
semua teknologi maju
itu tidak diwariskan ke
kita umat manusia
yang hidup dewasa ini, malah hilang sama sekali. Sehingga
manusia dewasa ini harus kembali lagi mengulang ke masa primitive hingga
perkembangan teknologi saat ini. Apa yang menyebabkan kepunahan ilmu
pengetahuan dan teknologi
tersebut? Perang yang
menghancurkan atau bencana alam?
Akankah peradaban yang
saat ini kita
bangun akan mengalami
nasib serupa? Jadi kemanakah kita
berjalan saat ini? Menuju Kemajuan dan
Kecanggihan atau menuju pada kehancuran?
sama". terimakasih sudah berkunjung
ReplyDelete